Pages

Rabu, 28 November 2012

BERAS HITAM

Manfaat  Kandungan Antioksidan dalam Beras Hitam

Semua orang pasti tahu, antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat bermanfaat tersebut banyak diperoleh dari buah dan sayur, tapi Anda perlu tahu satu lagi sumber makanan tinggi antioksidannya. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa antioksidan juga terdapat dalam beras merah.
Umumnya banyak orang tahu, beras merah memang mengandung vitamin dan kaya akan serat. Rasanya enak, pulen dan wangi, belum lagi mineral dan antosianin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


Tahukah Anda, warna ungu kehitaman beras itu berasal dari sumber antosianin, suatu zat turunan polifenol yang sama manfaatnya seperti antioksidan. Kadar flavonoid yang tinggai menjadikan beras hitam ampuh dalam mencegah pengerasan pembuluh nadi dan asam urat.

Seperti studi yang ditulis Zhimin Xu dan diterbitkan oleh American Chemical Society, satu sendok beras hitam lebih tinggi antioksidan antosianin dibandingkan sesendok penuh blueberry. Dalam jurnal tersebut juga tertulis bahwa beras hitam juga rendah gula, dan mengandung lebih banyak serat dan vitamin E.

Xu, yang juga pengajar di Louisiana State University Center di Batok Rouge, mengatakan beras hitam merupakan bahan makanan yang unik dan murah dan bermanfaat untuk meningkatkan asupan antioksidan yang sangat menunjang kesehatan.

Sama halnya yang diutarakan para peneliti, beras hitam juga bisa digunakan untuk bahan campuran untuk memanfaatkan kesehatan, misalnya untuk campuran sereal, kue dan berbagai jenis makanan lainnya. Bisa juga digunakan untuk tambahan campuran minuman dan juga untuk pewarna makanan sebagai pengganti perwarna buatan.

Dalam penelitian dan studi tesebut, tim peneliti menguji beras hitam yang tumbuh di wilayah selatan Amerika Serikat. Hasilnya, dibandingkan dengan beras merah, beras hitam lebih menyehatkan dalam hal kandungan antioksidan. Di Asia, beras hitam banyak dimanfaatkan untuk campuran makanan, seperti mi juga sushi.
Manfaat lain beras hitam :
  1. Mampu membersihkan racun dan kotoran dari dalam tubuh atau biasa dikenal dengan nama detoksifikasi.
  2. Mengembalikan fungsi organ dan metabolisme tubuh
  3. Meningkatkan ketahanan tubuh.

2 komentar:

Miliana mengatakan...

penasaran deh sama beras hitam

promo alfamart terbaru

Budi mengatakan...

Warnanya unik dan manfaatnya juga beda dengan yang lainnya ya.

Harga beras

Posting Komentar