Pages

Selasa, 27 November 2012

Budidaya Jagung Manis


Jagung manis dapat ditanam di daerah dataran tinggi dan dataran rendah. Tanah yang baik digunakan untuk menanam jagung manis adalah tanah yang gembur dan subur dengan keasaman tanah antara 5,6.
Keadaan tempat untuk jagung manis baiknya yang terbuka,memerlukan sinar matahari yang cukup banyak, tidak tergenang air. Pada musim kemarau baik ditaman di sawah tadah hujuan yang ada air sedikit dan pada muhim hujan baiknya ditanam di lahan kering atau tegalan.
Benih jagung manis untuk 1 hektar diperlukan 7 kg. 

Pengolahan Tanah, bersihkan areal dari rumput liar dan jerami yang tdk berguna, cangkul lahan sedalam 30 – 40 cm, buat garitan dengan jarak antar garitan 80 – 90 cm. Taburkan pupuk organic misalnya Bokashi kotoan ayam, kotoran kambing, 5- 10 ton/ ha.

Penanaman jagung dan perlakuan tanam
class="Apple-style-span" style="color: #333333; line-height: 21px;">
Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal atau digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5 gram perlobang tanam, taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang:

7 – 15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan PPC/ Insektisida nabati.
 25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburu lgFuradan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butur kicil per tanaman, semprot dengan PPC.
 40 -45 hari setelah tanam dilakukan pemupukan dengan KCL atau KNOɜ lakukan penyemprotan bila ada hama yang sudah melebihi ambang eonomi.
 50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun.Pada saatini usahakan kebun jangan terganggu akan mempengaruhi proses persarian.
 75 – 80 hari setelah tanam Waktu pemetikan 

Panen Jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Udara panas cenderung dapat mengurangi kandungangula pada biji jagung manis . Untuk mempertahankan kadar gula lebih lama, selepas panen dari kebun harus segera masuk ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 0 C ini akan mempertahankan kemasinisan hingga 10 hari, yang paling ideal yaitu dengan perelakuan khusus, setelah panen, jagung langsung diangkut ke gudang atau ruang pendingin dan langsung dilaksanakan penyortiran dan pengemasan dengan plastic roping film. Plastik ini berfungsi sebagai penjaga kelelmbaban, mencegah kehilangan air, memperpanjang kesegaranjagung manis.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

trimakasih gan informasinya bagus bgt :D :D

sekedar shering ajja sana agan" bagi yang lagi susah ngurus" surat" penting sprti sim,stnk,bpkb,dll ane nemu tempatnya tinggal milih dibawah nih gan
biro jasa stnk
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan

kliniklaras2 mengatakan...

Obat Aborsi
Obat Aborsi Cytotec Asli
Jual Obat Telat Bulan
http://lapakobataborsi.com/
Jual Obat Aborsi Ampuh Cytotec Obat Penggugur Kandungan Janin
Obat Penggugur Kandungan
Obat Aborsi
Jual Obat Aborsi Cytotec Ampuh
http://lapakobataborsi.net/

Obat Aborsi
Obat Aborsi Asli
Jual Cytotec Obat Aborsi Ampuh Dan Tuntas
INFO Pemesanan Hubungi Kami
SMS : 0822 4236 1182 – WA : 0822 4236 1182

Miliana mengatakan...

membantu banget kak artikelnya

pt sumber alfaria trijaya tbk

Posting Komentar